Kamis, 08 Oktober 2009

manajemen sumber daya manusia

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Usaha Foto Copy bagi sebagaian orang mungkin masih dianggap kurang berkembang, namun pendapat itu bisa dipatahkan bagi orang yang memang suka dan serius untuk menjalankannya. Memang usaha ini membutukan biaya yang cukup besar untuk membeli atau sekedar menyewa mesin foto copy. Disamping itu kita harus mencari lahan yang pas agar usaha ini dapat berkembang.

Memulai usaha foto copy sejak tahun 1990 Bapak Kuntoro(yang kebetulan paman saya sendiri) bertekad untuk sukses dan mengubah hidupnya. Dengan bekal kemampuannya yang pernah menjadi pegawai foto copy dia membuka usaha INDO FOTO COPY di rumahnya, yaitu di desa parakan kabupaten temanggung. Sebuah mesin foto copy dan beberapa macam alat tulis pun dijual, keuntungan yang diterima pun belum seberapa. Namun dengan segala tekad dan keinginan untuk membahagiakan anak dan istrinya tidak pernah sekalipun dia menyerah. Setelah beberapa bulan berlalu akhirnya usahanya membuahkan hasil. Keuntungan yang didapatpun sudah bisa mengganti modal usaha, selain itu juga digunakan untuk membeli sebuah mesin foto copy baru. Namun memang di setiap usaha pasti memiliki kendala, begitu halnya dengan usaha foto copy. Mesin foto copy selalu saja bermasalah, seperti kertasnya macet, tinta bocor dan lain-lain. Belum lagi melayani pembeli yang super bawel dan engga sabaran, ugh rasanya kepala ingin meledak. Tentu saja harus tetap sabar dan menganggap semua ini adalah cobaan untuk menggapai kesuksesan.

Kemudian Bapak Kuntoro mulai melebarkan sayapnya dengan membuka cabang usahanya di terminal temanggung dan memiliki 3 orang pegawai disana. Karena semakin banyaknya pelanggan yang sudah mengenal INDO FOTO COPY Bapak Kuntoro memutuskan untuk membeli mobil yang bisa digunakan untuk mengantar barang. Sebab mulanya hanya menjual alat tulis serta buku-buku secara eceran, dan mencoba mengambil keuntungan lebih sebagai toko perkulakan yang juga menjual eceran. Menurut pendapatnya, lebih baik mengambil keuntungan yang sedikit tetapi memiliki banyak pelanggan. Selain itu kepercayaan dan keramahan juga diperlukan untuk menjaga keakraban para pelangganya.

Kini usaha yang semula ada di jalan Panjang sari baru pindah ke jalan Letnan Suwaji karena rumah yang ditempatinya bukan miliknya dan harus dikembalikan, akhirnya Bapak Kuntoro membeli tanah dan membangun rumah yang ditempatinya sampai sekarang. Memiliki toko yang sudah mulai dikenal banyak orang dan hanya menjual jasa foto copy dan alat tulis kurang puas rasanya. Oleh karena itu berkat dorongan istrinya akhirnya kini toko yang hanya menjual jasa foto copy dan alat tulis itu mulai menjual berbagai macam alat-alat computer, mulai dari kertas, tinta, USB, mouse,keyboard hingga printer. Semakin banyak barang yang di jual tentu saja penjualnya juga harus mengimbangi. Dan yang semula memiliki 3 pegawai di Parakan dan 3 pegawai di Temanggung kini bertambah menjadi 7 orang pegawai yang ada di Parakan. Tetapi tetap saja itu belum sepadan apalagi di saat liburan sekolah tiba. Saya pernah membantu paman saya bekerja sebagai kasir disaat liburan sekolah dan ternyata tokonya sangat ramai sekali walaupun paman dan tante saya sudah membantu untuk melayani pembeli. Dan yang saya lihat, memang para pegawai paman saya kurang cekatan dalam melayani para pembeli maupun para langganannya. Setiap hari saya selalu mendengar teguran-teguran kepada para pegawainya. Seperti setelah mengambil barang selalu berantakan, kalu makan selalu bersama dengan yang lain padahal toko sedang ramai, sampai kesalahan yang paling besar yaitu salah menghitung nota maupun menghargai barang. Selain bertugas sebagai kasir saya juga membantu menghitung nota-nota tagihan dan ternyata memang setiap hari pasti saja ada kesalahan menandai harga barang. Bayangkan saja jika 1 barang harganya Rp.22500 dan hanya dijual seharga Rp. 17000 dan membeli 5 buah berapa kerugian yang ditanggung,, belum lagi terkadang barang-barang yang sering sekali hilang. Memang dari pengamatan saya, toko paman saya masih banyak kekuranganya, yaitu kurangnya pengawasan kepada para pegawai dan banyak tempat etalase kaca yang tidak ada kaca maupun kuncinya. Karena padatnya pembeli yang masuk ke dalam toko menyebabkan tidak adanya pengawasan yang baik. Olehkarena itu dalam waktu dekat paman saya akan merenovasi tokonya dan memasang kamera CCTV supaya tidak terjadi lagi kejadian kehilangan barang. Selain itu akan menambah pegawai baruyang lebih cekatan dan lebih pintar dalam mengingat harga-harga barang. Padahal dulu sudah ada pegawai yang memenuhi kriteria tersebut tetapi berhenti karena akan menikah. Memang kurangnya kualitas sumber daya manusia dapat menjadi penyebab yang sangat berpengaruh bagi perkembangan sebuah perusahaan atau hanya sebuah usaha kecil. Dan tentunya jika di dalam jiwa manusia itu sendiri mempunyai keinginan yang kuat untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik dan berkualitas tentu sangatlah mudah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar